Jumat, 12 Agustus 2011

Leedsichthys


Leedsichthys memiliki lebih dari 40.000 gigi yang digunakan untuk menyaringan hewan-hewan kecil dari air. Ini mungkin merupakan ikan terbesar yang pernah hidup.

Leedsichthys adalah ikan raksasa yang akan dikerdilkan tiap binatang lainnya di laut, tapi itu adalah raksasa lembut yang tinggal di udang kecil, ubur-ubur dan ikan kecil yang membentuk plankton. Itu akan berenang perlahan-lahan melalui perairan atas samudra, mengambil teguk air plankton-kaya dan pengayakan mereka melalui mesh raksasa-piring di bagian belakang mulutnya. kebiasaan makan-nya yang mirip dengan ikan paus biru modern, yang juga bertahan pada apa-apa kecuali plankton.

Mereka mungkin melakukan perjalanan jarak yang cukup jauh untuk menemukan bagian dunia mana kondisi musiman menyebabkan plankton untuk membentuk dirinya menjadi sup organik padat terkonsentrasi. Sekali setahun, dan mungkin setelah pesta plankton, Leedsichthys akan menumpahkan piring filter raksasa dari belakang mulutnya, berarti ia tidak dapat makan sendiri selama beberapa minggu, sedangkan yang baru tumbuh kembali. Menjelang akhir kali ini akan menjadi lemah melalui kelaparan dan rentan terhadap serangan.
Laut Jurassic yang Leedsichthys tinggal adalah tempat yang berbahaya dan meskipun ukurannya, itu tidak berarti formal mempertahankan diri terhadap pemangsa seperti Liopleurodon dan Metriorhynchus. Satu serangan tampaknya tidak mungkin untuk membunuh Leedsichthys dewasa, tetapi beberapa predator bisa mengakibatkan kerusakan fatal,  raksasa ini mati perlahan dari luka tersebut.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar